Jumat, 03 Agustus 2012

Alam Semesta



Terbuat Dari Apakah Alam Semesta?

Hampir seluruh alam semesta terbuat dari hidrogen dan helium. Ini adalah dua elemen yang paling ringan. Semua materi yang lain dalam alam semesta amat langka. Elemen seperti silikon, karbon, dan lain-lain terkonsentrasi dalam awan, bintang, dan planet. Alam semesta disatukan oleh empat kekuatan yang tidak terlihat. Gravitasi dan elektomagnetisme adalah dua kekuatan yang sudah dikenal. Dua jenis kekuatan lain adalah nuklir kuat dan lemah. semuanya ini beroperasi hanya di dalam inti atom yang amat kecil, menyatukan partikel-partikel ini.

BerapaUmur Alam Semesta ?
Kita dapat menghitung perkiraaan umur alam semesta dengan mengamati seberapa cepat galaksi yang ada di tempat jauh bergerak menjauh dari kita. Namun, kita tidak mungkin membuat perhitungan ini secara akurat. Ilmuwan telah memperkirakan bahwa Alam semesta telah  berumur antara 13 milliar sampai 18 milliar tahun. 

Apa Yang Dimaksud Dengan Bima Sakti ?
 Bima Sakti adalah massa gas dan bintang amat besar yang dapat dilihat sebagai pita cahaya yang melintang di langit malam. Bumi dan segala sesuatu dalam sistem tata surya, adalah bagian dari bimasakti. Ini dikenal sebagai galaksi kita. Ukuran galaksi ini amat besar sehingga cahaya memerlukan waktu 100.000 tahun untuk bergerak dari satu sisi ke sisi lain . Di tempat bintang berdekatan satu dengan yang lain Bima Sakti Terlihat Cerah, tetapi awan gas dan debu yang amat besar menghalangi cahaya dari bagian-bagian lain dari galaksi ini. Awan menghalangi ahli astronomi untuk mengamati seluruh  bimasakti.


Bagaimana Cara Kerja Gravitasi ?
Gaya gravitasi adalah gaya tarik antara setiap potong materi, bahkan partikel yang kecil. Semakin banyak materi yang ada di dalam sesuatu, dan semakin dekat partikelnya termampatkan menjadi satu, semakin kuat gaya tariknya. Bintang adalah badan yang besar dan amat padat dan dengan demikian bintang mempunyai medan gravitasi yang kuat. Gaya gravitasi dari matahari kita yang mempertahankan planet-planet tetap berada pada orbitnya. Gravitasi bumi mempertahankan bulan dalam orbitnya. Objek kecil seperti bulan mempunyai gravitasi yang amat lemah. Keadaan ini menjelaskan mengapa astronot di permukaan bulan dapat melompat amat tinggi dengan usaha yang amat kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar