Rabu, 01 Agustus 2012

Benua Terkecil Di Dunia


Benua Australia merupakan benua terkecil. Luasnya 3.132.000 mil2. Benua ini mempunyai 8 negara bagian, New South Wales, Queesland, South Australia, Tasmania, Victoria, Western Australia, Northern Teritory, dan Australian Capital Territory. Jumlah penduduknya sekitar 20,4 Jutajiwa. Ibu kotanya terletak di Canberra. Australia bertetangga dengan Indonesia, Tomor Leste, dan Papua Nugini di Sebelah Utara. Di sebelah timur bertetangga dengan pulau Solomon, Vanuatu dan Kaledonia Baru. Sementara di tenggara bertetangga dengan Selandia Baru.

Walaupun terletak di dekat Asia, Australia lebih kental dengan kehidupan barat. Pada abad ke -17, para nelayan, pedagang, dan penjelajah Eropa berbondong-bondong datang ke Australia. Oleh karena itu, penduduknya sebagian besar berkulit putih. Binatang khas benua ini adalah kangguru dan koala.

Di tahun 1606, banyak sekali imigran dari Eropa, khususnya Belanda datang ke benua Australia. Pada akhir abad 18 justru Inggris yang menguasai benua ini dan menjadikannya tempat pembuangan para kriminal. Pendatang ke benua ini semakin banyak setelah ditemukan tambang emas pada pertengahan abad 19. Akhirnya Australia berjuang keras untuk melepaskan diri dari ikataran Inggris, akhirnya jadilah negara persemakmuran Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar