Minggu, 05 Agustus 2012

Peradaban Kuno


Di kota-kota mana peradaban didirikan ?
Kota-kota pertama yang diketahui berkembang di timur tengah, sejak 10.000 tahun yang lalu. Kota-kota kuno dibangun dari batu dan batu bata yang dibuat dari lumpur. Satu kota dihancurkan untuk menyediakan material bangunan untuk kota berikutnya di tempat yang sama, keadaaan ini membuat kita bingung ketika mencoba untuk merekonstruksinya. Kota-kota kuno lain dibangun di daerah yang sekarang adalah Turki atau Tiongkok.

Siapa yang disebut Sumeria?
Orang Sumeria mengembangkan peradaban pertama yang diketahui pada tahun 3500 sebelum masehi. Mereka tinggal di Mesopotamia, wilayah yang terletak di sungai Eufrat dan Tigris di daerah yang sekarang termasuk wilayah Irak. Orang Sumeria membangun kota besar dan rumit, membangu sistem pajak dan pemerintahan, serta membuat sistem irigasi untuk mengairi tanaman pangan mereka..

Penggalian dari sebuah kota besar bernama Ur, menunjukkan tanda-tanda banjir besar yang diceritakan dalam Alkitab ataupu Al Quran. Peradaban Sumeria bertahan selama sekitar 1000 tahun.

Kapan Peralatan Logam Pertama Kali Digunakan?
Peralatan logam nampaknya telah berkembang secara independen di beberapa tempat sekitar tahun 3500 SM. Peralatan Logam muncul di Tiongkok, India, Mesir dan Mesopotamia pada waktu yang hampir bersamaan. Perunggu adalah logam pertama yang diolah.

Mengapa Peradaban Mesir Berkembang ?
Peradaban Mesir tumbuh sebagai akibat dari banjir tahunnan dari sungai Nil. Banjir ini menyediakan bidang tanah hijau dan subur yang dapat ditanami, bahkan di daerah yang sebagian besar wilayahnya berupa gurun. Setiap tahun, ketika sungai Nil banjir, airnya mengendapkan lumpur yang subur di sepanjang tepinya. Orang Mesir kuno menanam barley, gandum dan rami untuk membuat linen, bahan baku pakaian mereka.

Sungai juga menyediakan buluh papirus bagi orang Mesir dan mereka menggunakannya untuk membuat semacam kertas yang dikenal dengan sebutan papirus. Orang mudah membuat catatan terinci pada papirus.

Mengapa Piramida Dibangun?
Pembangunan piramida berkembang perlahan-lahan di masa Mesir Kuno. Piramida pertama berupa struktur sederhana yang disebut mastaba, yang merupakan landasan yang dibangun di atas kuburan orang penting. Setelah beberapa tahun tingkatannya ditambah, sampai sebuah struktur yang disebut piramida tangga dihasilkan.

Dalam Piramida yang kemudian, tangga itu ditutup sehingga tercipta bentuk kerucut mulus dari piramida di Giza terkenal yang dapat kita lihat dewasa ini. Pembangunan Piramida menjadi bagian penting Dari Peradaban Mesir.. Orang Mesir percaya bahwa piramida menyediakan jalan ke surga bagi penguasa mereka, Firaun, yang dikuburkan bersama dengan barang-barang yang mereka perlukan dalam kehidupan kematian.

Apa Yang Dimaksud Dengan Peradaban Indus?

Beberapa peradaban besar berkembang di daerah Indus, di daerah yang sekarang adalah Pakistan dan India. Peradaban ini membangun rumah yang dibuat dari batu-bata dari lumpur yang dibakar. Mereka juga membangun toilet, sumur, dan bahkan rumah mandi./ Dinding tinggi sebagai pelindung mengelilingi kota. Di luar kota, orang dari peradaban Indus membudidayakan tanaman serealia dan kurma dan juga membuat senjata serta benda lain dari perunggu. segel batu dari peradaban Indus ditemukan di sepanjang Teluk Persia dan reruntuhan kota Ur. segel ini menunjukkan bagaimana orang-orang kuno telah mengembangkan hubungan dari perdagangan yang luas. Peradaban ini runtuh sekitar tahun 3500 SM, karena ada suku yang datang menyerbu.

Siapa Yang mengembangkan Tulisan Paling Awal?
Tidak seorangpun yang tahu sistem tulisan pertama dikembangkan, karena tidak ada catatan yang ditemukan. Tulisan paling awal yang diketahui dicatat dalam bentuk simbol gambar pada lempeng lempung oleh orang Sumeria Kuno, dari sekitar tahun 3500 SM. Hieroglif adalah bentuk tulisan gambar yang serupa, dan contoh yang paling tua berasal dari sekitar tahun 3000 SM. Simbol gambar juga digunakan dalam tulisan Tiongkok kuno yang muncul pada tahun 1500 SM. Besar kemungkinan bahwa semua tulisan dimulai dengan cara ini, sebelum bentuk dan huru digunakan untuk menunjukkan bunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar