Sabtu, 28 Juli 2012

Kegagalan Pengkloningan Manusia


Manusia memang makhluk yang paling sempurna. Hanya Tuhan yang bisa menciptakan manusia. Walaupun begitu, banyak sekali manusia yang sombong ingin menantangnya. Berbagai upaya telah dilakukan manusia. Termasuk salah satunya dengan membuat kloning pada manusia. Pada awalnya manusia telah berhasil mengkloning seekor domba. Dengan dengan kloning ini maka didapat individu yang sifatnya mirip dengan sebelumnya. Akhirnya mereka mencoba untuk mengkloning jenis binatang yang lain.

Tidak lama kemudian mereka berpikir untuk mengkloning manusia. Tindakan ini tentu saja mendapatkan pertentangan dari berbagai kalangan agama. Hal ini disebabkan semua agama menentang pengkloningan manusia.

Dunia dihebohkan oleh kejadia pada tanggal 26 desember 2002, ketika bayi perempuan hasil kloning pertama lahir. Berita ini disebarkan oleh perusahaan Clonaid yng berlokasi di Bahama. Perusahaan ini memang bergerak di bidang kloning makhluk hidup. Tempat kelahiran bayi ini masih dirahasiakan, walaupun begitu diketahui bahwa bayi tersebut dilahirkan melalui bedah caesar.

Dalam berita pers disebutkan bahwa bayi tersebut dalam keadaan sehat. Bayi tersebut dikloning dari seorang wanita yang berusia 31 tahun, karena suaminya memang mandul. Berita tersebut memang banyak diragukan. Namun Presiden Clonaid Boisselier tetap membenarkan berita tersebut. Bahkan dia mengatakan bahwa ini akan menjadi momen baru dalam sejarah peradaban manusia. Peristiwa ini sangat memicu bernagai perusahaan yang sejenis untuk melakukan tindakan kloning juga.

Pada dasarnya, pengkloningan manusia merupakan proses yang sangat rumit. Hal ini disebabkan DNA pada manusia memang sangat kompleks. Pemetaan DNA manusia saat ini sangat sulit dilakukan. Proses pengambilan gen yang baik dan menghilangkan gen yang buruk, tentu sangat sulit dilakukan dan bisa dikatakan mustahil.

Dan memang, jika hal ini terus dilakukan, maka akan diperoleh manusia yang sangat mengerikan. Mungkin mereka kurang menyadari bahwa hasil pengkloningan manusia ini sangat beresiko. Resikonya adalah diperoleh keturunan yang jauh dari sempurna dan cacat seumur hidup. Dari hasil percobaan mereka memang tidak mengumumkan kegagalannya. Bahkan dari beratus-ratus percobaan semuanya mengalami kegagalan. Gambar-bambar berikut memperlihatkan beberapa sampel hasil pengkloningan yang gagal.

Sebenarnya gambar-gambar di atas dirahasiakan, akan tetapi ada saja oknum dari perusahaan yang membocorkannya. Sepandai-pandainya mereka menyimpan bangkai, akhirnya akan tercium juga. Gaung pengkloningan ini memang tidak sehebat hasil pengkloningan domba Dolly. Gambar-bambar ini pada akahirnya menemui perdebatan di kalangan para ilmuwan. Semoga melalui hal ini kita menyadari bahwa hanya Tuhan yang bisa menciptakan mausia yang benar-benar sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar