Kamis, 12 Juli 2012

Pulau Terbesar Keenam


Pulau Sumatera memiliki luas terbesar kedua di Indonesia, dan memiliki luas keenam terbesar di dunia. Ada dua pulau di Indonesia yang lebih luas dari Sumatera, yaitu Papua dan Kalimantan. Hanya saja, Papua dan Kalimantan tidak seluruhnya menjadi wilayah Indonesia. Papua barat menjadi wilayah Indonesia, sedangkan Papua timur menjadi wilayah Papua Nugini. Sementara, Kalimantan dimiliki leh 3 negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Jadi, Sumatera merupakan Pulau terbesar yang seluruh wilayahnya ada di Indonesia.

Dari zaman dulu, Sumatera telah dikenal oleh bangsa-bangsa lain. Nama Pulau Sumatera sangat bermacam-macam, mulai dari Swarnadwipa (Pulau Emas), Swarnabhumi (tanah emas) , ada juga yang menyebut dengan nama Andalas. Luas pulu Sumatera adalah 443.065,8 km2.

Nama Sumatera berasal dari kerajaan Andalas, yang letaknya di pesisir timur Aceh. Berdasarkan catatan Ibnu Batutah, yang merupakan petualang yang berasal dari Maroko, dia mengucapkan kata Samudera menjai sumatrha, selanjutnya berubah menjadi sumatra atau sekarang lebih dikenal Sumatera. Sejak Portugis datang ke Indonesia, dalam buku-buku Portugis sering disebut Sumatera, hingga dikenal orang sampai saat ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar