Kamis, 03 Januari 2013

Asal-Usul Burung





Penemuan apa akhir-akhir ini yang mengubah pandangan mengenai asal-usul burung ?
Banyak penemuan akhir-akhir ini yang menunjukkan bagaimana kemungkinan jalur evolusi burung. Sebuah fosil ditemukan di Madagaskar mempunyai cakar berbentuk sabit di kakinya seperti Theropoda dan Velociprator. Tulang makhluk ini juga berongga seperti burung, dan terdapat titik-titik tempat bulu melekat. Fosil dari aneka dinosaurus berbulu, sekarang ditemukan di banyak negara, dan terutama di China. Semua makhluk ini berkembang sepanjang garis yang sama seperti burung. Beberapa jelas adalah dinosaurus dan pasti menggunakan anggota tubuh depan yang berbulu untuk membantunya berlari, bukan untuk terbang.

Bagaimana kemungkinan perkembangan kemampuan terbang ?
Evolusi dari burung lebih banyak diperdebatkan daripada hampir semua bagian dari palaentologi . Alasan mengapa kemampuan terbang dikembangkan mungkin tidak pernah terbukti. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa dinosaurus kecil yang berbulu berlari di tanah mengepak-ngepakkan lengannya untuk menangkap mangsanya.

Ilmuwan lain menyatakan bahwa kemampuan terbang dimulai ketika nenek moyan burung modern memanjat dan melompat-lompat di antara pepohonan, menggunakan bulu-bulunya untuk memperpanjang lompatannya dan akhirnya melayang.

Struktur sederhana daripada sayap Archaeopteryx berarti bahwa kemungkinan makhluk ini pasti terbang dengan gaya amat canggung. Binatang ini mungkin perlu menggunakan jari-jari yang melekat di sayapnya untuk membantu bergerak di antara pepohonan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar