Rabu, 30 Januari 2013

Sumber Emisi Gas



Indonesia adalah wilayah uatama sumber emisi gas SO2 dari gunung berapi ke atmosfer dunia

Pelepasan gas saat letusan gunung berapi adalah proses penting yang telah berjalan milyaran tahun dan telah berperan dalam membentuk komposisi atmosfer dunia sampai saat ini. Jenis-jenis gas penting yang muncul dari perut bumi di antaranya adalah SO2, H2S, dan (SO4)2 . Menurut Graf et al (1997) jumlah keseluruhan belerang yang dimuntahkan oleh aktivitas gunung berapi ke lapisan toposfer di dunia adalah sekitar 146 Mt (mega ton) atau 146 juta ton setiap tahunnya.

Dari wilayah Indonesia sebuah publikasi penyebutkan sekitar 1.759 Gg (giga gram) atau 1.750.000 ton belerang (Sulfur) dilepaskan ke udara setiap tahunnya dalam bentuk gas SO2.

Emisi gas dari gunung-gunung berapi ini memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada gas-gas yang dihasilkan oleh aktivitas manusia. Ini disebabkan karena emisi gas dari gunung berapi dilepaskan ke lapisan troposfer bebas yang jauh lebih tinggi daripada keanyakan gas yang dihasilkan manusia dengan pengecualian aktivitas industri dengan jumlah gas yang sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar