Jumat, 25 Januari 2013

Tentang bunga


Mengapa beberapa tanaman mempunyai bunga ?

Bunga adalah organ reproduksi seksual dari tanaman . Bunga telah mengalami evolusi sedemikian rupa sehingga memastikan pembuahan terjadi dan biji dihasilkan.

Apa saja bagian-bagian utama dari sekuntum bunga ?
Semua bunga sejati terdiri dari bagian-bagian pokok, walaupun bunga yang satu mungkin tampak amat berbeda dari bunga yang lain. Bunga terdiri dari organ jantan yang disebut benang sari dan organ betina yang disebut putik, yang di dalamnya terdapat sel telur. Pada umumnya bunga mempunyai kedua tipe organ ini, tetapi beberapa hanya mempunyai bunga jantan atau bunga betina.

Bunga mempunyai bagian-bagian yang besar dan sering berwarna cerah, yang biasanya kita duga sebagai mahkota bunga. Namun, kadang-kadang ini sebenarnya adalah struktur yang disebut daun kelopak atau bahkan daun yang mengalami modifikasi.

Mengapa Bunga mempunyai warna yang cerah dan berbau wangi ?
Bunga mempunyai warna dan harum untuk menarik serangga, yang memainkan bagian penting untuk menyerbukinya. Beberapa tanaman juga menghasilkan cairan manis yang disebut nektar, yang menjadi makanan bagi lebah.

Raksasa Berbau Busuk
Bunga palin besar di dunia adalah Raflesia, sebuah tanaman parasit yang tidak melakukan fotosintesis. Tanaman ini tumbuh di hutan hujan di Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh di bawah tananh dan tidak terlihat sampai kuncup  yang besar muncul, seperti kol. Kuncup ini mekar bagaikan menjadi bunga, yang seperti kulit (leathery), dengan garis tengah 1 m dan beratnya dapat mencapai 11 kg. Bunga terlihat dan berbau seperti onggokan daging busuk dan menarik ribuan lalat, yang menyerbuki bunga ketika serangga ini berjalan di dalamnya. Buahnya termasuk jenis berry berisi biji yang lengket kemudian disebarkan oleh binatang pengerat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar