Minggu, 27 Januari 2013

Penyebaran Biji



Bagaimana binatang membawa tanaman meyebarkan bijinya ?

Binatang makan buah tanaman, daging yang membungkus biji. Biji yang menyebar dengan cara ini dapat tahan melewati proses pencernaan dalam tubuh binatang yang makan buah. Biji ini melewati usus binatang tanpa mengalami kerusakan Biji itu mulai tumbuh ketika sudah dikeluarkan bersama dengan kotoran binatang, yang sering berfungsi sebagai pupuk.

Berapa Lama Biji Dapat Bertahan Hidup ?

Banyak biji dapat bertahan hidup selama ratusan tahun, asalkan disimpan dalam kondisi kering. Pada tahun 1954 sebutir biji dikumpulkan terbenam dalam lumpur beku di Kanada. Biji itu berumur 10.000 tahun, tetapi masih dapat tumbuh ketika ditanam. Biji yang disimpan untuk riset dimasukkan ke dalam lemari es untuk memberikan kondisi serupa yang dingin dan kering.

Bagaimana Bakau Mencegah Bijinya Terbawa Arus ?
Beberapa pohon bakau menghasilkan biji yang membenamkan diri di dalam lumpur. Ketika biji masih melekat di pohon, akar yang panjang sudah muncul. Biji itu jatuh seperti anak panah dan akar itu masuk ke dalam lumpur, menjangkarkan tanaman erat-erat ketika berkembang.

Pohon Bakau muda menjebak lumpur yang terbawa air pasang dan, dengan cara ini populasi pohon bakau berangsur-angsur tumbuh semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar