Minggu, 27 Januari 2013

Tentang Biji



Apa yang disebut Biji ?
Setelah pembuahan terjadi, sel telur berkembang menjadi biji, yang nantinya adapat berkembang menjadi tanaman baru. Biji berisi embrio yang akan tumbuh menjadi tanaman baru. Biji juga berisi cadangan makanan untuk memberi makan embrio sampai akar dan daun telah tumbuh. Biji dibungkus dalam kulit yang kuat untuk melindunginya agar tidak kering.

Apa Biji Dapat Terbang ?
Banyak biji yang diterbangkan oleh angin. Beberapa mempunyai rambut-rambut halus yang membentuk 'payung' sehingga biji ini dapat diterbangkan angin sampai jauh.

Biji lain mempunyai semacam sayap yang menyebabkan biji dapat melayang atau berputar seperti baling-baling helikopter. Sayap ini memperlambat biji turun ke tanah sehingga angin dapat membawanya lebih jauh lagi.

Satu biji khusus, dari pohon di daerah tropis bernama Zanonia, melayang demikian efektif sehingga digunakan sebagai model untuk sayap pesawat terbang di tahap awal.

Biji Apa yang palinng Besar ?
Biji paling besar adalah coco de mer, semacam kelapa yang tumbuh di SeyChelles, kelompok pulau di samudera Hindia. Sebuah biji coco de mer beratnya 20 kg, jadi cukup berbahaya berjalan-jalan di bawah pohon ini. Biji raksasa ini perlu waktu 10 tahun untuk berkembang menjadi pohon.

Cukup aneh, coco de mer tidak tumbuh di dekat pantai, sehingga bagaimana biji raksasa ini mencapai laut belum dipahami.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar