Jumat, 25 Januari 2013

Serbuk Sari


Apa yang dimaksud dengan serbuk sari ?

Serbuk sari pada tanaman setara dengan sperma pada binatang. Serbuk sari membawa gen reproduksi jantan.

Serbuksari terdiri dari butiran halus, masing-masing dengan lapisan kuat yang sering mempunyai pola tertentu dengan tonkolan dan duri yang khas. Kalau terhirup dalam nafas, serbuk sari menimbulkan alergi seperti demam (hay fever) pada orang yang rentan. serbuk sari dapat ditemukan dalam endapan fosil, sehingga kita dapat mengetahui tanaman apa yang hidup di masa itu walaupun mungkin tidak ada tanaman fosil yang ditemukan.

Bagaimana Bunga diserbuki ?
Penyerbukan terjadi ketika sebutir serbuk sari jatuh di ujung kepala putik. Serbuksari kemudian menumbuhkan saluran panjang ke bawah di dalm putik yang menyatu dengan sel telur dan menyelesaikan proses pembuahan.

Kadang-kadang, serbuk sari diterbangkan angin, dan sebutir serbuk sari secara kebetulan jatuh di putik. Dalam bunga lain, serangga melakukan pekerjaan yang sama, membawa serbuk sari yang menempel di tubuhnya ketika serangga ini berpindah dari bunga yang satu ke bunga yang lain.

Dalam beberapa tanaman, bunga mengalami modifikasi yang memaksa serangga yang makan nektar untuk bergerak , menyinggung benang sari, sehingga banyak serbuk sari yang menempel di tubuhnya ketika dia lewat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar