Rabu, 23 Januari 2013

Puncak Jaya



Puncak Jaya adalah satu dari hanya tiga tempat di daerah khatulistiwa yang memiliki lapisan es.

Dua tempat lain pada garis khatulistiwa yang juga memiliki lapisan salju dan es adalah adalah wilayah Siera Nevada di pegunungan Andes, serta gunung Kilimanjaro di Kenya, Afrika. Pada abad ke-20 , empat daerah pada barisan pegunungan Maoke yang membentang sepanjang 2.300 km dari barat ke timur Pulau Papua Nugini masih memiliki lapisan gletser.

Dua orang ilmuwan , Allison dan Paterson pada tahun 1989 telah memberikan keterangan tentang keberadaan lapisan es tersebut pada pegunungan yang masuk dalam teritorial indonesia. Wilayah-wilayah ini meliputi Puncak Jaya (Carstenz), Ngga Pilimsit (Idenburg-top), Puncak Mandala (Julianatop) , dan Puncak Trikora (Wilhelminatop). Sayangnya, lapisan-lapisan es langka yang melapisi puncak-puncak barisan pegunungan Papaua terus menghilang dari tahun ke tahun. Gletser di puncak Trikora dilaporkan sempat menghilang pada periode antara 1939-1962 (Mercer, 1967)

Sementara, laporan dari Klein dan Kincaid (2006) menyebutkan mengenai menghilangnya gletser di Ngga Pilimsit pada tahun 2003, kedua ilmuwan tersebut juga memperkirakan bahwa seluruh gletser di Puncak Jaya akan menghilang dalam waktu 50 tahun ke depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar