Jumat, 28 September 2012

Bagaimana Kuda Mengalami Evolusi



Binatang yang berjalan menggunakan kuku menopang berat badan di jari tengah dan kakinya. Namun, keadaannya tidak selalu demikian. Evolusi kuda menunjukkan bagaimana binatang ini berubah dari makhluk yang berjalan dengan lima jari kaki menjadi binatang berkuku tunggal.

Kerabat purba dari kuda tingginya 30 cm dan tubuhnya kecil agar dapat berlari cepat. Kaki belakangnya mempunyai empat jari dan kaki depannya tiga jari, masing-masing jari mempunyai kuku kecil. Ketika kuda tumbuh menjadi lebih besar, jumlah jari berangsur-angsur berkurang sampai Merychippus yang muncul sekitar 23 juta tahun yang lalu. Binatang ini mempunyai beberapa jari kaki, tetapi menopang berat badannya di jari tengah yang besar, yang mempunyai kuku.

Tinggi Merychippus sekitar 1 m pada bahu, dan terlihat seperti kuda kecil. Perkembangan kuda dari nenek moyang primitifnya adalah salah satu contoh paling baik dari evolusi, karena tidak seperti banyak binatang lain, perkembangan kuda modern dan kukunya yang khusus dapat dilihat secara rinci dalam catatan fosil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar