Minggu, 09 September 2012

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang membentang dari Kalimantan Tengah menuju Kalimantan Barat. Sungai ini memiliki panjang 1.178 km. Nama Kapuas dipakai juga sebagai nama kabupaten di Kalimantan Tengah. Dari kecamatan Kapuas Hulu sampai kecamatan Selat, sungai ini membentang sejauh 610 km. Sungai ini juga melewati Ibu kota Kalimantan Barat, Pontianak, dan akhirnya bermuara di Laut Jawa.

Spesies yang hidup di Sungai Kapuas sangatlah banyak. Lebih kurang 700 jenis ikan hidup di sungai Kapuas, 40 diantaranya termasuk ikan yang terancam punah. Hutan di Kalimantan yang masih terjaga, menyebabkan sungai ini juga terjaga kelestariannya. Akan tetapi sekarang ini sungai Kapuas mulai tercemar akibat penambangan emas di tengah aliran sungai. Ini menyebabkan sungai Kapuas tercemar oleh logam-logam berat.

Meskipun tercamar, Sungai Kapuas merupakan urat nadi bagi masyarakat setempat, terutama suku dayak dan melayu yang tinggal di sepanjang sungai Kapuas. Sungai ini menghubungkan berbagai tempat di kalimantan, sehingga menjadi sarana transportasi bagi masyarakat. Selain itu banyak juga maysarakat yang mengandalkan hidup dari kapuas, yaitu menjadi nelayan tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar