Sabtu, 22 September 2012

Gua Sepuluh Ribu Budha


Ini adalah salah satu dari rangkaian gua kuil yang dipahat di dalam bukit di sepanjang Sungai Yishui di Cina Timur. Kuil-kuil terebut dinamakan gua pekerja, dan didedikasikan untuk sang Budha, pangeran India yang mengajar membentuk agama Budha.

Gua Pertama
Pekerjaan pada gua pekerja dimulai pada tahun 494 M, saat kaisar Cina pindah dari ibukota kekaisaran, Louyang, ke suatu propinsi modern di Henan. Gua tersebut berada 12 kilometer dari Luoyang Selatan, tempat yang sekarang ini merupakan kota padat yang mempunyai lebih dari sejuta penduduk.

Budha Cina
Agama Budha datang ke Cina ratusan tahun sebelum gua-gua tersebut dibangun. Pada tahun 67 M, kaisar dari dinasti Han mengirimkan pembawa pesan ke India untuk mengumpulkan kitab suci Budha. Dalam perjalanan, para pembawa pesan bertemu dua biarawan dari India yang memberikan kdua kitab suci dan patung Budha mereka. Keempat orang tersebut kemudian kembali ke Luoyang dan membangun kuil Budha Cina yang pertama.

Pahatan pada batu
Kuil pekerja dan pahatan dipahat di daerah berbatu gamping yang padat. Gua tersebut berisi sekitar 100.000 patung Budha. Kuil Fengxian merupakan tempat suci terbesar. Kuil tersebut mempunyai patung Budha yang duduk dengan ketinggian 17 meter. Tingginya hampir sama dengan pohon sangat tinggi.

Seni Dinasti Tang
Gua sepiuluh ribu Budha, di Cina disebut Wanfo dong. Gua ini mempunyai lubang 680 buah. Pembuatannya dimulai pada awal kekuasaan dinasti Tang, pada tahun 618 sampai 907.

Sepuluh Ribu Budha
Gua ini berbentuk empat persegi panjang. Pada sisi dindingnya ada ribuan patung kecil sehingga terciptalah nama gua sepuluh ribu Budha. Patung-patung tersebut dipahat dalam bas-relief. DDi gua itu juga ada patung Budha besar yang dikelilingi empat bunga. Di sebelah patung Budha kecil ada berbagai bentuk peralatan musik seperti flute, simbal, harpa dan alat musik yang lain. Para pemahat mampu untuk membuat bentukan yang sangat bagus dan detail karena batu gamping yang diguakan sangat padat.

Seni pahat di gua Budha hilang pada abd ke-9, yaitu saat dinasti Tang mulai berakhir.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar