Selasa, 11 September 2012

Gunung Berapi Di Indonesia


Sebanyak 76 gunung yang tersebar dari ujung barat pulau Sabang Hingga ujung timur kota Merauke tercatat sebagi gunung berapi aktif. Gunung atau dalam bahasa Inggrisnya Volcano, adalah bukaan, celah, atau retakan pada permuakaan atau kulit bumi yang memungkinkan magma panas, abu, dan gas untuk lepas ke udara dari bawah permukaan.

Kesepakatan umum mengenai klasifikasi sebuah gunung berapi aktif, beristirahat (dormant) atau mati (extinc) didapat dari frekuensi letusan (eruption) yang tercatat dalam sejarah. Sebanyak 1.171 kali letusan gunung berapi telah tercatat berasal dari Indonesia, dari seluruh frekuensi letusan yang di dunia hanya kalah tipis oleh negara Jepang berjumlah 1.247 letusan.

Jumlah letusan gunung berapi di Indonesia merupakan sepertujuh dari seluruh letusan yang pernah terjadi di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah. Sementara itu, jika hanya melihat pada seratus tahun ke belakang, jumlah letusan gunung berapi di Indoneai  mencapai empat perlima dari seluruh letusan letusan gunung berapi di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar