Sabtu, 22 September 2012

Butaan



Butaan merupakan salah satu dari spies reptil yang hampir punah. Speies ini terdapat di Filipina, di pulau Luzon. Butaan sering dikenal sebagai naga yang hilang. Binatang ini pernah diduga telah punah. Selama beberapa ratus tahun orang-orang tidak menemukan binatang aslinya. Mereka hanya menemukan fosil-fosilnya.

 

Para ilmuwan menduga Butaan telah punah selama lebih dari 130 tahun. Akan tetapi pada tahun 1970 para ilmuwan menemukannya di pulau Luzon dan puau Polillo, sebuah pulau kecil di dekat Luzon. Butaan merupakan pemakan buah pohon. Reptil yang masih kerabat dekat dengan karnivora komodo ini sangat ahli dalam memanjat pohon.

 

Binatang ini tumbuh memanjang hingga mencapai 7 kaki. Kebiasaannya tinggal di kanopi hutan menyebabkan para ilmuwan kesulitan melakukan penelitian. Pakar bioligi Daniel Bennett memimpin para ilmuwan untuk melakukan penelitian di pulau Polilo. Mereka memfilmkan binatang ini, karena sebelumnya belum pernah ada yang memfilmkannya.

Selama 20 tahun terakhir ini 90% habitan butaan telah hancur akibat dari pembuatan jalan guna mengembangkan pertanian padi dan perkebunan kelapa. Saat ini butaan dilindungi di daerah terpencil yang luasnya hanya 1 mil persegi, yaitu di pulau Polilo.

 

Dengan tantangan dan bahaya yang dihadapi, Daniel Bennett dan para rekannya melakukan penelitian dan berhasil mengungkapkan kondisi naga yang hilang ini. Mereka menggunakan kamera jarak jauh, serta perangkat-perangkat kamera yang dipasang di atas pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar