Sabtu, 10 November 2012

BINATANG DARAT TERCEPAT



Binatang darat memiliki kecepatan berlari yang berbeda-beda. Kecepatan mereka berlari sangat menentukan pola hidupnya. Kecepatan ini tentu saja kalah jika dibandingkan dengan binatang yang terbang di udara. Berikut ini adalah 10 binatang tercepat di darat.

1. CHEETAH
Cheetah dikenal sebagai binatan darat yang memiliki kemampuan lari paling cepat. Kecepatan larinya bisa mencapai 112 km/jam atau 70 mil/jam. Cheetah memiliki tubuh yang ramping dan lentur, sehingga memungkinkannya untuk memiliki kcepatan ini. Dengan kecepatan yang seperti ini, cara cheetah mengejar mangsa berbeda dengan kucing yang lain. Dia tidak mengandalkan strategi mengendap-endap ataupun bergerombol. Yang dia lakukan adalah mengandalkan kecepatanya. Ekornya yang panjang berfungsi sebagai kendali ketika berlari. Cheetah memilki akselerasi yang sangat bagus. Kecepatan 0-100 km/jam bisa dicapai dalam 3,5 detik.

2. ANTELOP
Antelop memiliki kecepatan berlari 97 km/jam atau 61 mil/jam. Binatang yang menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas ini tersebar di Afrika, Asia, dan Timur Tengah. Dalam mencari makanan, binatang ini hidup berpindah-pindah secara bergerombol. Saat ini antelop merupakan binatang yang terancam punah.  Antelop dewasa memiliki panjang sekitar 1,2 m (kepala dan badan). Panjang ekornya mencapai 18 cm. Tinggi pundak mencapai 81 cm dan berat badan mencapai 73 kg.


3. WILDEBEEST
Wildebeest memiliki kecepatan berlari hingga 50 Mil/jam (80 Km/jam). Mamalia ini merupakan kijang dari ordo Connochaetes. Wildebeest dewasa memiliki tinggi badan 1,27 m hingga 1,47 m dan berat badan 120 hingga 270 kg. Tempat tinggalnyA di dataran dan hutan terbuka Afrika, terutama Taman Nasional Sengeriti yang merupakan situd UNESCO di Tanzania. Selain itu terdapat juga di Masai Mara di Kenya, dan Taman Nasional Liuwa Plain di Zambia.

4. SINGA
Singa memiliki kecepatan hingga 50 Mil/jam (80 Km/jam). Panjang tubuh singa jantan adlah antara 260-330 cm, sedangkan singa betina 240-270 cm. Panjang ekornya 70-105 cm untuk singa jantan dan 60-100 m untuk singa betina. Singa jantan memiliki berat badan 150-250 kg sedangkan betina 120-185 kg. Tinggi badan dari ujung kaki sampai pundak adalah 80-123 cm, sedangkan betina 75-110 cm. Bayi singa yang baru lahir memiliki berat 1 - 2 kg.  Singa jantan memiliki rambut yang lebat di lehernya. Ini sangat berguna untuk melindungi dirinya dari pertempuran antara sesama carnivora. Biasanya yang aktif berburu adalah singa betina. Mereka berburu secara berkelompong mengejar mangsa yang ukurannya besar, seperti kerbau, zebra, kijang, bahkan gajah juga bisa diburunya, terutama yang masih anak-anak.  Karena kemapunanya memangsa binatang yang besar ini maka singa sering disebut raja hutan. Walaupun begitu ukurang singa masih kalah dengan harimau.

5. RUSA THOMPSON
Rusa Thomson atau Gazelle memiliki kecepatan berlari 50 Mil/jam (80 Km/jam). Binatang yang mirip kijang ini banyak ditemukan di Afrika dan Asia Timur. Hewan ini memiliki umur antara 10-12 tahun. Tinggi badan sampai bahu adalah 51 cm - 109 cm, dan berat badan antara 12-75 kg. Binatang ini hidup bergerombol, merupakan herbivora yang memakan rumput di padang terbuka. Dengan hidup di padang terbuka, hal ini akan lebih mudah baginya untuk menghindari predator karena kelincahannya.

6. KUDA
Kuda bisa berlari hingga mencapai kecepatan 47,5 Mil/jam (76 Km/jam). Kuda merupakan hewan yang biasa dipelihara oleh manusia serta memiliki nilai historis dan ekonomis. Manusia sering memanfaatkan kuda sebagai alat transportasi dan mengangkut barang. Manusia juga sering memanfaatkan kuda untuk menarik kendaraan beroda. Sebelum ditemukan tank, kuda seringkali dipakai untuk kendaraan perang yang sangat ampuh.

7. RUSA BESAR
Rusa besar bisa berlari dengan kecepatan 46 Mil/jam (73,6 Km/jam). Binatang ini merupakan salah satu jenis rusa yang hidup di Norwegia sampai Kanada. Disamping itu rusa besar ini merupakan binatang rusa yang paling besar dan memiliki tanduk yang khas, karena bentuknya yang melebar. Berbeda dengan rusa pada umumnya yang memiliki tanduk seperti ranting. Dengan ukurannya yang besar ini maka rusa besar  jarang memiliki musuh.

8. ANJING PEMBURU
Anjing pemburu bisa memiliki kecepatan berlari 45 mil/jam (72 km/jam). Dalam berburu, anjing ini memanfaatkan kecepatan serta kecerdikannya. Binatang ini memiliki taktik yang cerdik dalam berburu, yaitu dengan kemampuan mengorganisir kelompoknya. Biasanya salah satu anjing akan mengarahkan mangsanya ke suatu tempat, sedang kan anjing-anjing yang lain siap menyergapnya.

9. COYOTE
Coyote memiliki kecepatan berlari 43 Mil/jam (68.8 Km/jam). Binatang ini memiliki habitat asli di benua Amerika tengah dan utara. Panjang tubuh coyote mencapai 76-86 cm, dan ekornya 12-16 cm. Tinggi badan sampai bahu adalah 58-66 cm dan beratnya 6,8-21 kg.Coyote memiliki warna tubuh bervariasi, mulai dari cokelat keabu-abuan, sampai kuning abu-abu pada bagian atas tubuhnya, sedangkan bagian bawah leher memiliki warna putih.

10. RUBAH
Rubah memiliki kecepatan berlari 42 Mil/jam (67.2 Km/jam). Rubah merupakan karnivora kecil, sehingga binatang buruannya adalah kelinci, tikus, telur burung, vole, serangga dan lain-lain. Rubah merupakan famili Canidae, satu keluarga dengan anjing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar