Sabtu, 10 November 2012

Gunung Yang Paling Tinggi di Dunia




Gunung yang paling tinggi di dunia adalah jajaran Himalaya-Karakoma di sebelah utara India. Pegunungan Andes di Amerika Selatan meliputi daerah yang lebih luas, tetapi tidak demikian tinggi. Himalaya mempunyai 79 puncak yang tingginga lebih dari 7500 meter. Puncak paling tinggi adalah Gunung Everest, yang tingginya 8.863 m. Pada ketinggian ini, gunung selalu tertutup salju dan es, dan hanya terdapat sedikit oksigen untuk bernafas.

Walaupun Gunung Everest adalah gunung paling tinggi kalau diukur dari permukaan laut, Mauna Kea di Hawaii sebenarnya paling tinggi bila diukur dari dasarnya. Gunung itu mencapai 5.818 m di bawah permukaan Samudera Pasifik. Dari dasar sampai puncak, tinggi Mauna Kea 10.023 m.

Di Puncak Dunia

Setelah usaha bertahun-tahun Gunung Everest akhirnya ditaklukkan pada tanggal 29 Mei 1953, ketika penunjuk jalan orang Nepal, Tenzing Norgay, dan seorang Selandia Baru, Edmund Hilarry, mencapai titik paling tinggi di permukaan bumi. Sejak saat itu, banyak orang telah berhasil mendaki Everest, dan semua puncak utama di dunia ditaklukkan.

Sekarang oang sudah bisa membuat peta gunung dari udara sehingga rute pendakian dapat dengan hati-hati disiapkan terlebih dahulu. Di samping itu, peralatan sudah semakin baik sehingga permukaan batu yang terjal dapat dengan mudah dipanjat. Sakit karena ketinggian dan longsoran es dan salju sekrang merupakan bahaya utama yang dihadapi oleh para pendaki gunung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar