Rabu, 31 Oktober 2012

Apa Yang Disebut Dengan Komet





Komet sering digambarkan sebagi “bola salju kotor” . Bagian tengah, atau inti, yang padat dari komet sebagian besar terdiri dari campuran es dengan material berjelaga. Intinya cukup kecil, dan biasanya mempunyai garis tengah hanya beberapa kilometer.

Komet bergerak mengelilingi Matahari dengan orbit memanjang. Komet masuk ke dalam ruang angkasa di luar planet yang paling jauh sebelum berbelok kembali ke sistem tata surya dan lewat dekat matahari. Ketika inti komet berada semakin dekat dengan matahari ukurannya menjadi lebih kecil dan mungkin akhirnya terpecah-pecah menjadi potongan kecil. Komet diduga sama tuanya dengan sistem tata surya.



Apa Yang dimaksud dengan Ekor Komet ?

Kita tidak dapat melihat inti dari sebuah komet dengan mata telanjang, tetapi terkadang kita dapat melihat ekornya. Ekor ini tampak seperti goresan cahaya yang bergerak amat perlahan melintasi langit. Ketika sebuah komet bergerak semakin dekat ke matahari, es dan gas beku yang lain dalam intinya semakin mendidih, menghasilkan ekor gas dan debu yang panjang. Ekor itu selalu mengarah menjauh dari matahari karena cahaya dan bentuk lain radiasi dari matahari mendorong partikel-partikel kecil yang ada dalam ekornya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar