Rabu, 31 Oktober 2012

Mineral Tanah Liat





Mineral Tanah Liat illite yang langka ditemukan di daerah tropis merupakan mineral yang ternyata mempunyai ciri khas sebagian besar daerah timur dan barat dari busur kepulauan Indonesia.

Terdapat kelompok utama mineral tanah liat di dunia, di antaranya sebagai berikut ; Kaolinite, Smectite, illite,  dan Chlorite. Mineral tanah liat yang ditemukan di wilayah timur Samudra Hindia dan Australia juga dapat digolongkan ke dalam kelompok ini. Mineral-mineral ini adalah kelompok mineral yang mengandung persentase air yang besar di antara lapisan-lapisan silikat yang dimilikinya. Mineral illite yang berada di busur kepulauan Indonesia diperkirakan berasal berasal dari erosi bebatuan yang mengandung mika. Topografi di daerah ini yang curam menjadikan proses pengendapan mineral ini berjalan dengan cepat.

Kegunaan yang menarik dari mineral illite ini adalah fungsinys sebagai pengobatan bagi manusia dan hewan. Komposisi mineralnya dapat menyerap berbagai elemen beracun seperti cadmium dan merkuri dari tubuh manusia.  Illite bersama mineral tanah liat lain sepertti smectite juga telah dibuktikan memiliki kemampuan antibiotik, mematikan jamur, dan bakteri jahat, serta mengobati berbagai penyakit yang bersumber dari ketidakseimbangan kimiawi dalam tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar