Senin, 15 Oktober 2012

Binatang Terbesar Di Dunia



Berikut ini adalah binatang-binatang terbesar di dunia yang diurutkan berdasarkan bobotnya

Paus Biru
Paus Biru merupakan Binatang terbesar di bumi ini. Binatang ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dan langsing, dengan panjang bisa mencapai 33 meter dan bobot mencapai 181 ton. Binatang ini memiliki jumlah yang melimpah di laut sampai abad 19. Di awal abad 20 terjadi perburuan besar-besaran pada binatang ini hinggga mendekati kepunahan. Oleh karena itu binatang ini mendapatkan perlindungan dari komunitas International mulai tahun 1996.

Gajah afrika
Gajah Afrika merupakan hewan darat terbesar di dunia. Bobotnya mencapai 13.000 kg (13 ton) dan panjang mencapai 6,66  meter. Dibandingkan dengan Gajah Asia, Gajah Afrika ini memiliki beberapa perbedaan. Disamping ukurannya, bentuk telinga pada gajah Afrika ini lebih lebar. Pada gajah betina bisa tumbuh gading, sedangkan pada gajah Asia tidak. Gajah merupakan mamalia yang ahli dalam berenang, tetapi tidak bisa melompat.

Badak Putih
Badak putih memiliki bobot hingga 3850 kg dan panjang mencapai 3,81 m. Nama ilmiahnya adalah Ceratotherium simum, merpakan salah satu dari 5 spesies badak yang belum punah. Badak ini banyak ditemui di Afika Seltan khususnya di Bostwana, Zimbabwe, Namibia dan Swaziland. Pada tanggal 31 Desember 2007 jumlahnya diperkirakan tinggal 17.480.

Kudanil
Kudanil merupakan binatang darat terbesar ketiga setelah gajah Afrika dan badak putih. Bobotnya mencapai 3400 kg dan panjangnya mencapai 3,35 meter. Binatang ini memiliki kulit yang gelap, bertubuh besar dan berat. Binatang ini bisa mempertahankan diri terhadap predator karena memiliki gading. Ciri khas yang lain adalah memiliki gigi dan mulut yang besar, badan yang tidak berambut serta empat kaki yang pendek. Kecepatan larinya bisa mencapi 30 km/jam. Karena agresifnya, binatang ini merrupakan salah satu binatang yang berbahaya yang tinggal di Afrika.

Anjing Laut
Anjing laut merupakan hewan yang tinggal di daerah sejuk dan memiliki ordo karnivora. Binatang ini memiliki kerabat dekat denga beruang. Bobot binatang ini mencapai 2200 kg dan panjang mencapai 4 m. Besar dan panjang seperti ini sebenarnya hanya dicapai oleh Anjing laut gajah selatan (Mirounga leonina). Meskipun binatang ini tinggal di pantai, semasa kecilnya harus belajar berenang. Anjing laut ini memakan ikan, cumi dan sejenisnya.

Jerapah
Jerapah (Giraffa camelopardalis) merupakan hewan darat tertinggi yang sampai sekarang masih ada.  Tinggi badan jerapah bisa mencapai 5,5 meter dan bobotnya mencapai 2150 kg. Jerapah merupakan mamalia berkuku genap yang berasal dari Afrika. Binatang ini memiliki kekerabatan yang dekat dengan sapi dan rusa, hanya saja berbeda suku. Jerapah memiliki suku giraffidae yang terbagi atas 2 macam, yaitu okapi dan jerapah sendiri.

Badak hitam
Badak hitam (Diceros bicornis) merupakan mamalia yang habitat aslinya di Afika timur. Binatang ini termasuk dalam ordo Perrisodactyla, dengan bobot mencapai 1900 kg dan panjang mencapai 3,43 m. Meskipun diberi nama badak hitam, binatang ini cenderung memiliki warna kulit abu-abu putih.


Gaur
Gaur seringkali disebut Bison India merupakan sapi besar Asia Tenggara dan Asia Selatan. Bobot binatang ini bisa mencapai 1800 kg dan panjang tubuh mencapai 3,3 meter. Gaur Jantan memiliki berat badan seperempat lebih besar dibandingkan dengan betina. Baik jantan maupun betina pada binatang ini memiliki tanduk. Dalam hal warna, gaur jantan dewasa memiliki warna coklat tua.


Buaya air asin
Buaya air asin atau dikenal buaya muara merupakan buaya yang tingal di sngai-sungai, terutama dekat dengan muara. Hewan ini memiliki bobot ssampai 1600 kg, sedangkan panjang tubuhnya jika diukur dari kepala sampai ekornya bisa mencapai 12 meter yang pernah ditemukan di propinsi kalimantan timur. Binatang ini terdapat hampir di semua perairan Indonesia. Buaya ini merupakan buaya terbesar di dunia. Binatang ini juga terdapat di teluk Benggala (India, Bangladesh, Srilanka) dan juga perairan Polinesia (Vanuatu dan Kepulauan Fiji)


Kerbau liar
Kerbau merupakan binatang yan memamah biak, berada dalam suku Bovidae dan anak suku Bovinae. Kerbau Dewasa memiliki bobot sampai 600 kg, tetapi di alam liar bisa mencapai 1250 kg. Tinggi badan mencapai 1,7 meter dan panjangnya mencapai 3,18 meter. Kerbau liar ini memiliki jumlah yang banyak di Afrika. Akan tetapi kerbau liar ini masih terdapat di daerah India, Pakistan, Bhutan, Nepal, Bangladesh, Taiwan, Filipina, Thailand, dan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar