Minggu, 14 Oktober 2012

Suraqah Bin Malik Masuk Islam


 

 Diceritakan, ketika rasulullah keluar dari Mekah untuk hijrah ke Madinah, orang-orang kafir Mekah berkumpul di Darun Nadwah, salah satu tempat kediaman Abu Jahal. Mereka lalu membuat sayembara "Siapa yang dapat menangkap Muhammad atau menyerahkan kepalanya, kami akan memberinya hadiah berupa 100 unta merah yang memiliki mata hitam."

Berdirilah Suraqah bin Malik dan berkata,"Aku akan menangkapnya!" Orang-orang kafir lalu mengumpulkan harta miliknya.

Suraqah pergi menunggang kuda menyusul Nabi. Begitu dapat menyusulnya, ia mengeluarkan pedang hendak membunuhnya. Pada saat itu tanah bergerak hingga kaki kuda Suraqah terprosok ke dalam hingga bagan lututnya.

Suraqah lalu memelas,"Wahai Rasulllah, tolonglah aku ... Tolonglah aku ... Aku berjanji tidak akan membunuhmu. "

Rasulullah pun brdoa dan Allah pun mengabulkannya. Kuda Suraqah dapat berjalan lagi, tetapi Suraqah tidak menepati janjinya. Iapun mencabut pedangnya lagi dan hendak membunuh Rasulullah. Namun, lagi-lagi tanah menelan kudanya hingga terperosok sampai perutnya.

Suraqah memelas untuk kedua kalinya. "Wahai Rasululah, tolonglah aku, ... Tolonglah aku ... Aku tidak akan membunuhmu."

Rasulullah lalu berdoa dan Allah pun mengabukan doanya. Tanah menjadi rata dan kuda Suraqah kembali berdiri dengan tegak. Suraqah lalu turun dari kudanya dan duduk dekat Unta Rasulullah SAW.

Ia brtanya,"Wahai Rasululah, kabari aku siapa Tuhanmu sehingga mampu melakukan kejadian tadi. Apakah Tuhanmu terbuat dari emas ataupun perak?"

Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak sebelum menjawab pertanyaan itu.

Saat itulah turun malailkat Jibril a.s dan dan berkata ,"Wahai Muhammad, katakanlah Tuhan itu Esa. Allah adalah tempat bergantung. Ia tidak melahirkan dan tidak pulah dilahirkan. Tidak ada seorangpun yang dapat menyerupainya. Ia adalah pencipta langit dan bumi. Ialah yang menciptakan kalian dan binatang berpasang-pasangan. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan-Nya. Ia adalah dzat yang Maha Mendengar dan Melihat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar