Rabu, 31 Oktober 2012

Apakah Planet lain mempunyai bulan ?





Di samping bumi, sebagian besar planet mempunyai bulan walaupun biasanya ukurannya cukup kecil. Saturnus mempunyai bulan paling banyak, sampai 18 buah. Beberapa bulan ini amat aneh. Enceladus mempunyai permukaan mulus yang tertutup dengan manik-manik bercahaya dari es yang membuatnya bersinar dan berkelip-kelip. Lapetus mempunyai satu sisi hitam dan sisi yang lain putih.

Yupiter memiliki 16 bulan, empat di antaranya amat besar. Salah satu bulan Yupiter lebih besar dari Merkurius dan yang lain 3 kali ukuran bulan kita. Charon, yang mengorbit pluto dapat dianggap sebagai bulan yang besar atau planet pendamping yang kecil



Sebutan lain untuk bulan yang mengelilingi planet ini adalah satelit. Bumi memiliki satu satelit, yaitu bulan. Bulan merupakan satu-satunya satelit alami yang dimiliki bumi. Selain satelit alami, bumi memiliki satelit buatan. Satalit buatan ini sengaja dibuat manusia untuk keperluan tertentu, misalnya untuk membantu memantulkan siaran radio atau TV. Selain itu satelit buatan ini terkadang dijadikan laboratorium ruang angkasa.

Mars memiliki 2 bulan, yaitu Phobos dan Deimos. Mungkin kita membayangkan jika di bumi ada bulan alami sebanyak 2 seperti di Mars, maka akan kelihatan begitu indah. Akan tetapi kenyataanya tidak selalu demikian. Phobos dan Deimos, bentuknya tidak bulat sempurna seperti bulan. Bentuknya seperti bongkahan batu, sehingga tidak seindah bulan kita.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar