Sabtu, 27 Oktober 2012

Tenochtitlan





Tenochtitlan berawal dari tempat tinggal yang berup gubuk jerami. Tempat ini berubah menjadi kota besar dan menjadi pusat kekaisaran Aztec yang kuat selama 200 tahun. tempat ini berdiri di tempat yang sekarang kita kenal sebagai Meksiko, dan reruntuhannya ada di bawah kota modern.

Elang, Kaktus dan Ular
Orang-orag Aztec pertama adalah para pemburu Indian yang mengembara di padang gurun Meksiko utara. Mereka pindah dari selatan ke lembah subur di Meksiko sekitar tahun 1200. Berdasarkan Legenda, dewa matahari, Huitzilopochtli, memerintahkan mereka untuk bertempat tinggal di tempat yang ada tanda khusus yaitu elang, kaktus, dan ular yang merayap. Pada tahun 1325, bangsa Aztec menemukan yang mereka cari di Pulau berawa-rawa di danau Texcoco. Mereka membangun desa yang disebut Tenochtitlan, 'tempat kaktus berduri'.

Kota Terowongan
Bangsa Aztec memperoleh tempat kembali. Mereka memperluas pulau dengan mengeruk lumpur dari dasar danau dangkal dan membangun  peron alang-alang. Taman mengapung ini sangat subur dan dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran. Air minum dibawa oleh saluran air. Sekitar tahun 1415, Tenochtitlan merupakan kota pulau yang dihubungkan dengan terowongan dan berhubungan dengan daratan utama melalui jalan stapak yang naik.

Kuil Piramida
Antara 100.000 sampai 500.000 orang hidup di Tenochtitlan. Pada tahun 1500 kota ini mungkin merupakan kota terbesar di dunia. Pada pusat alun-alun yang dikelilingi oleh dinding terdapat piramida. Tingginya mencapai 30 meter dengan tangga yang mengantarkan kedua kuil itu. Kuil yang didekorasi dengan pahatan dan lukisan, yaitu kuil Huitzilopochtli dan kuil Tlaloc (dewa hujan). Di tempat ini para pendeta menggunakan pisau batu untuk mempersembahkan orang kepada dewa dengan cara mengeluarkan jantung orang yang akan dipersembahkan.

Akhir Dari Kekaisaran
Orang-orang Spanyol yang berlayar menuju Amerika pada abad ke 16 sangat kagum akan kemakmuran dan kemegahan Aztec. Mereka juga memperhatikan betapa bersihnya kota tersebut. Jalan-jala disapu bersih dan sampah-sampah dibuang jauh dengan menggunakan  tongkang. Orang Spanyol menaklukkan kota tersebut setelah penyerangan. Kaisar Aztec, Montezuma, terbunuh dan pada tahun 1521 kota Tenochtitlan menjadi rusak. Kota meksiko, kota terbesar di dunia dibangun di atas reruntuhan Kota Tenochtitlan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar