Jumat, 01 Februari 2013

Alam dan Pengetahuan






Alam adalah istilah yang kita gunakan untuk menggambarkan semua makhluk hidup dan cara semuanya ini berhubungan dengan bumi tempat kita hidup.

Mengapa binatang dan tanaman mempunyai nama latin yang rumit ?
Pada umumnya tanaman dan binatang mempunyai nama umum yang bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Nama ilmiah diberikan sehingga nama yang sama dikenali di manapun.
Bahasa latin digunakan untuk nama ilmiah. Berabad-abad yang lalu, Latin digunakan oleh kaum terpelajar. Nama ilmiah terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah nama marga (ganus), yang menguraikan kelompok makhluk hidup yang berkerabat, dan nama kedua adalah nama yang spesifik (jenis). Yang hanya dipakai untuk makhluk hidup tersebut.

Nama spesifik mungkin menjelaskan makhluk hidup tersebut atau mungkin menyertakan nama orang yang menemukannya. Misalnya, umat manusia disebut Homo sapiens (manusia yang berpikir). Sebuah fosil bentuk dari Homo, atau manusia, adalah Homo Habilis (manusia yang menggunakan peralatan)


Ilmuwan Mana Yang Mempelajari Alam ?
Alam adalah subjek yang melibatkan banyak tipe ilmuwan berbeda. Ahli zoologi mempelajari binatang dan ahli botani mempelajari tanaman. Terdapat banyak sub-pembagian yang lain dalam subjek individual ini. Ahli palaentologi, misalnya mempelajari makhluk yang sudah punah, sedangkan ahli biologi mempelajari makhluk hidup. Berikut ini adalah beberapa subjek yang dipelajari ilmuwan.
Ahli antropologi  : mempelajari umat manusia dan jalan hidupnya
Ahli bakteriologi : mempelajari bakteri
Ahli biologi : mempelajari makhluk hidup
Ahli botani : mempelajari tanaman
Ahli ekologi : mempelajari makhluk hidup dan lingkungannya
Ahli embriologi : mempelajari janin (kandungan)
Ahli biologi laut : mempelajari kehidupan dalam dan sekitar laut
Ahli ornitologi : mempelajari burung
Ahli palaentologi : mempelajari fosil
AhIi taksonomi : mempelajari pengelompokan makhluk hidup
Ahli fisiologi : mempelajari fungsi dari makhluk hidup dan bagian-bagiannya
Ahli zoologi : mempelajari binatang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar