Sabtu, 09 Februari 2013

Gletser Dan Gunung Es




Apa Yang disebut Dengan Gletser ?
Gletser adalah massa es besar yang terbentuk di tanah dan bergerak perlahan-lahan akibat dari beratnya sendiri. Gletser ditemukan di daerah bergunung-gunung yang dingin atau wilayah kutub. Beberapa gletser berupa lapisan es tidak terputus, seperti yang menutupi antartika dan pulau hijau. Namun, sebagian besar adalah sungai es yang bergerak perlahan-lahan melewati lembah sungai es ini mencair dan menjadi sungai. Gletser seperti ini banyak dijumpai di pegunungan Hilamalaya, Alpen, dan Rocky. Karena beratnya yang amat besar gletser menggores dan melepaskan batuan dan menimbunnya dalam jumlah besar yang mengikis lantai lembah dan sisi-sisinya sampai membentuk lembah “huruf U” yang dalam.

Seberapa Besar Gunung Es Itu ?
Beberapa gunung es lebih besar dari sebuah negara. Gunung es paling besar yang pernah dicatat lebih besar dari Belgia, dengan luas 31.000 km persegi. Gunung es raksasa ini pecah dari lembaran es kutub ketika gelombang pasang dan surut meretakkan es.

Mengapa Gunung Es Mengapung ?
Es mengapung karena lebih ringan dari air. Sebagian besar benda menyusut ketika temperatur turun, tetapi ketika air membeku volumenya sedikit memuai. Dengan demikian es menjadi lebih ringan daripada air. Namun, perbedaan ini tidak terlalu besar , dan dengan demikian sembilan persepuluh gunung es yang mengapung terletak di bawah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar