Jumat, 15 Februari 2013

Komputer dan Kendaraan Bermotor

Siapa Yang Membuat Kendaraan Bermotor Pertama ?

Pada tahun 1771 Nicholas Cugnot menghasilkan apa yang mungkin merupakan kendaraan bermesin yang pertama, digerakkan dengan mesin uap. Pada tahun 1801, Richard Trevithick dari Inggris menjalankan kereta uap sepanjang rel di Cornwall, mencapai kecepatan 14 km/jam. Sejak saat itu sampai akhir tahun 1800 an semua kendaraan jalan raya yang sukses digerakkan dengan mesin uap, walaupun banyak percobaan yang dilakukan dengan mesin bensin. Kemudian pada tahun 1885 Karl Benz di Jerman membuat kendaraan bermotor modern pertama yang sukses, digerakkan oleh mesin pertama yang berbahan bakar bensin.


Siapa Yang Menemukan Komputer ?
Berbagai tipe kalkulator mekanis telah ditemukan ketika  pada tahun 1835, Charles Babbage, seorang Professor matematika di Cambridge University menguraikan prinsip dari mesin analitik. Ini adalah komputer yang dapat diprogram pertama di dunia, menggunakan sistem roda gigi dan data dimasukkan menggunakan kartu dilubangi (punched card). Ada, perempuan Bangsawan Lovelace, juga seorang ahli matematika, dan dia menulis beberapa program untuk peralatan Babbage,  mesin analitik. Sayangnya jauh mendahului zamannya dan tidak pernah dikembangkan lebih baik dari bentuk pertama yang kasar.
Komputer praktis pertama adalah Colossus, alat mekanis berukuran besar yang ditemukan untuk membantu memecahkan kode rahasia Jerman dalam perang dunia II. Mesin ini didasarkan pada teori dari ahli matematika eksentrik Alan Turing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar