Selasa, 12 Februari 2013

Penemuan Hebat




Sipakah yang menemukan mesin uap pertama ?

Pada abad pertama, seorang penemu dan ahli matematika Yunani bernama Hero dari Aleksandria menghasilkan alat yang kemudian mengarah pada pengembangan turbin modern dan mesin jet. Alat hero berupa bola berongga yang diisi dengan air dilekatkan pada alat yang memungkinkan bola ini berputar. Dua buah mulut pipa dipasang di tempat yang berlawanan, mengarah ke arah yang berbeda. Ketika bola itu dipanaskan, uap air yang keluar disemprotkan dari ujung pipa, menyebabkan bola berputar dengan cepat.

Hero gagal menyadari penggunaan praktis dari alat ini dan menganggap sebagai mainan yang menarik. Dia melanjutkan untuk menemukan beberapa rumus matematika, salah satunya masih digunakan untuk menghitung luas segitiga.

Siapa Yang Menemukan Mikroskop ?

Walaupun dia sebenarnya penjual kain, Antonie Van Leeuwenhoek dari Belanda (1632 – 1723) mengasah lensa kaca dan menggunakannya untuk meneliti dunia sekitarnya . Pada tahun 1670, dia membuat mikroskop kasarnya yang pertama menggunakan sebuah lensa kecil, dan alat ini membuatnya menjadi orang pertama yang melihat makhluk mikroskopis seperti bakteri, ragi, dan sel-sel darah yang hidup. Selama kariernya Van Leeuwenhoek menggosok 419 buah lensa, dan mikroskopnya semakin lama semakin efektif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar