Jumat, 08 Februari 2013

Salju




Mengapa ada hujan salju ?
Salju terbentuk ketika ada uap air di dalam awan membeku menjadi kristal kecil. Uap air biasanya membentuk kristal mengelilingi sebuah artikel debu kecil yang disebut inti, dan kristal salju terus tumbuh. Kristal salju menggumpal menjadi satu membentuk serpihan salju, yang jatuh dari awan. Sebanyak 100 kristal berkelompok menjadi satu membentuk serpihan salju berukuran 2,5 cm. Bentuk kristal salju amat indah. Kristal ini datar dan mempunyai 6 sisi serta tumbuh dalam bentuk bintang yang rumit.

Apa yang disebut dengan garis salju ?
Garis salju menandai daerah gunung , di atasnya secara permanen tertutup salju. Karena temperatur semakin dingin ketika kamu semakin naik ke atas, salju tidak akan pernah cair di gunung yang tinggi. Namun, garis salju bergeser semakin tinggi di musim panas ketika sebagian salju mencair. Garis salju dekat dengan permukaan tanah di daerah dingin, tetapi garis ini amat tinggi dekat dengan ekuator karena udara jauh lebih hangat.

Adakah Benda Yang Disebut Salju Merah ?
Salju merah ditemukan di banyak tempat di dunia, ketika ada tanaman kecil tumbuh menutupi salju dan es. Ganggang mikroskopis tumbuh di permukaan salju dan es dapat memberikan warna merah. Peristiwa yang langka ini terjadi ketika cuaca sedikit hangat, dan ganggang yang telah mati sepanjang musim dingin tiba-tiba tumbuh lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar