Rabu, 06 Februari 2013

Angin dan Tsunami




 Bagaimana Angin Topan Terbentuk ?
Angin topan adalah badai tropis amat kuat yang dapat menyebabkan kerusakan serius. Badai ini terbentuk dekat Ekuator, tempat udara hangat, lembab naik, menarik ke dalamnya udara lebih dingin yang ada di bawahnya. Udara bergerak dalam alur spiral, akhirnya membentuk massa yang berputar. Udara hangat yang naik terus mendingin dan turun di tengah dari spiral itu mengulangi proses di atas. Angin di dalam topan bergerak dengan kecepatan 200 km/jam. Angin topan terbentuk di samudera atlantik, lewat di atas Hindia Barat dan Amerika Serikat bagian selatan. Badai Serupa di Samudera Pasifik disebut Taifun sedangkan di samudera Hindia badai ini disebut siklon.

Apa Yang Disebut Dengan Tsunami ?
Tsunami adalah gelombang pasang yang sering disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut. Biasanya ada peringatan akan tsunami karena ilmuwan dapat mendeteksi getaran seismik yang disebabkan oleh gempa bumi. Tsunami bergerak dengan kecepatan 970 km/jam, membentuk dinding air setinggi 30 m ketika mendekati daratan. Tsunami paling umum di daerah gempa bumi, terutama di sekitar Jepang.

Bentuk lain dari tsunami disebut gelombang badai, ketika ombak raksasa terbentuk oleh tiupan badai. Pada tahun 1970, gelombang badai dan siklon melanda Bangladesh, menewaskan 266.000 jiwa. Gelombang ini terulang lagi tahun 1985 menewaskan 10.000 jiwa lagi. Dan di Aceh pada tahun 2004 menelan korban ±250.000 jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar