Kamis, 27 Desember 2012

Internet dan Modem





Menjelajahi Internet

Internet adalah jaringan hubungan komputer internasional dengan cakupan seluruh dunia lewat kabel telepon atau pemancar radio sehingga semua komputer itu dapat bertukar informasi. Sistem ini ditemukan ketika perang dingin masih berlangsung, ketika orang merasa khawatir bahwa suatu serangan dapat mengganggu komunikasi dengan titik sentral dimanapun. Dengan internet, komputer tersebut hampir dimanapun dan komunikasi tidak dapat diputuskan oleh kerusakan dari salah satu titik.

Sekarang ini, world wide web dapat diakses oleh orang yang mempunyai komputer di rumah. Dengan demikian orang dapat menghubungkan komputer manapun ke sambungan telepon biasa dan mengirimkan pesan tertulis ke siapapun lewat electronic mail atau e-mail. Orang sekarang dapat membeli barang dan bahkan melakukan kegiatan perbankan melalui internet.


Apa yang Disebut Dengan Modem ?

Komputer yang dihubungkan ke jalur telepon mempunyai alat yang disebut modem. Alat ini mengubah sinyal menjadi suat bentuk yang dapat disalurkan lewat jalur telepon. Nama modem berasal dari istilah Modulator-Demodulator. Alat ini memodulasi, atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog, yang merupakan tipe sinyal yang bergerak sepanjang jalur telepon. Modem mengartikan, atau memodulasi sinyal yang diterimanya kembali sehingga dapat dibaca oleh komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar