Senin, 10 Desember 2012

Pulau Terbesar Dan Tertinggi


Papua Adalah Pulau Tropis Terbesar dan Tertinggi di Dunia


Walaupun luas daratan Papua hanyalah 0,5% dari seluruh luas daratan di dunia, pulau tesebut memiliki keanekaragaman hayati yang terbesar di dunia. Pulau papua yang letaknya palin timur di Indonrsia, juga merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau Papua juga memiliki sejarah dengan daratan Benua Australia. Jembatan daratan yang menghubungkan dengan Australia sekarang telah menjadi Selat Torres, tergenang air laut setelah metode pertama glasial (zaman es) berakhir. Selat Torres sendiri merupakan selat di sebelah selatan Papua yang memisahkannya dengan pantai utara Australia. Selat ini merupakan bagian paparan benua Sahul yang sangat dangkal dengan kedalaman rata-rata hanya 10 meter.

Papua juga merupakan dataran yang tertinggi keempat sekalgus pulau terbesar di dunia. Iklim dan topografi di pulau ini menciptakan keragaman ekosistem yang menakjubkan. Pulau papua memiliki beragam jenis ekosistem yang sangat lengkap sperti ekosistem salju, lereng tundra, sabana, pegunungan, lembah hujan tropis, hutan bakau, tanah basah, danau, sungai, padang lun hingga terumbu karang tropis dengan keragaman spesies yng tertinggi di dunia.

Titik yang menjadikan papua sebagai pulau yang memiliki puncak tertinggi di dunia adalah Puncak Jaya. Puncak Jaya memiliki beberapa nama lain seperti Gunung Carzten, Piramid Cartenz, atau Carztens Topenz. Sementara penduduk lokal memiliki sebutan-sebutan tersendiri, seperti Nemangkawi (dalam bahasa Suku Amunkal), Ngga Pulu, dan Guning Sukarno. Daerah Puncak Jaya yang terletak di garis khatulistiwa atau ekuator menyebabkan daerah ini mengalami sedikit ekali flutuasi atau perubahan suhu rata-rata dalam setahun (hanya sekitar 0,5o C)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar